Senin, 22 Maret 2010

USER INTERFACE MANAGEMENT SYSTEMS (UIMS)

A User Interface Management System (UIMS) adalah sebuah mekanisme untuk proses memisahkan bersih atau logika bisnis dari antarmuka pengguna grafis (GUI) kode dalam suatu program komputer UIMS dirancang untuk mendukung arsitektur N-tier dengan tegas menetapkan dan menegakkan batas antara logika bisnis dan GUI. Sebuah arsitektur Lunak cukup kaku hampir selalu tersirat oleh UIMS, dan paling sering hanya satu paradigma pemisahan ini didukung dalam satu UIMS. Sebuah UIMS mungkin juga memiliki perpustakaan dan sistem seperti alat berbasis grafik untuk pembuatan antarmuka pengguna sumber daya atau data toko.

Umumnya, Anda tidak dapat dengan mudah menggunakan beberapa sistem UIMS pada saat yang sama, sehingga memilih model yang tepat untuk Anda UIMS adalah keputusan desain yang kritis dalam setiap proyek. Pilihan sistem tergantung pada sistem (s) Anda ingin membuat antarmuka pengguna untuk, dan gaya umum aplikasi Anda. Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat front end berbasis web, atau hanya sebuah aplikasi mandiri atau keduanya yang akan menjadi faktor penting dalam memilih. Jika Anda ingin menyebarkan ke Macintosh, Windows dan Linux, yang akan selanjutnya mempengaruhi pilihan Anda dari sebuah sistem UIMS. Ada banyak pendekatan UIMS dijelaskan dalam makalah penelitian. Namun, tidak ada sangat banyak sistem yang tersedia secara komersial atau melalui open source.

Model
Dalam tubuh yang sering dikutip kerja, Foley dan Wallace menggambarkan suatu "model linguistik" untuk manajemen antarmuka pengguna yang terdiri dari Lapisan presentasi, sebuah Dialog Control lapisan dan lapisan aplikasi. Lapisan ini sesuai dengan leksikal, sintaksis dan semantik lapisan dari teori bahasa formal. Sementara model Foley secara teori mencerahkan, itu tidak mengusulkan suatu sistem praktis yang spesifik untuk memisahkan kode. Ada juga banyak menarik kasus perbatasan yang tidak jatuh bersih ke dalam salah satu lapisan ini.
Yang lebih langsung diterapkan teori manajemen antarmuka pengguna adalah Model-view-controller pola desain, yang digambarkan secara rinci dalam artikel sendiri. Varian baru-baru ini MVC adalah Model-view-presenter model yang mirip dengan MVC, namun memiliki beberapa wawasan menarik masalah.

Implementasi
Fungsional sistem berbasis pendekatan semua antarmuka pengguna tindakan sebagai antarmuka untuk fungsi-fungsi. Dialog ada semata-mata untuk mengumpulkan parameter untuk fungsi-fungsi yang disebut ketika dialog penutupan. Menu Pohon adalah salah satu keluarga model implementasi yang mengikuti pola ini. Grammar berbasis UIMS memberikan bahasa khusus untuk mendeskripsikan user interface. Biasanya, ini adalah bahasa khusus yang dirancang khusus untuk presentasi dari elemen antarmuka pengguna.

The Mengedit Model adalah spesialisasi tata bahasa berbasis UIMS. Mereka menyajikan seluruh interaksi langsung presentasi yang mendasari presentasi objek. Pada dasarnya, menggunakan tata bahasa dari bahasa pemrograman sebagai tata bahasa untuk GUI. Sebuah scroll bar dapat hadir integer, sebuah kotak centang dapat menyajikan boolean, fungsi disajikan sebagai tombol atau item menu. Sebuah kotak dialog atau menu adalah presentasi dari sebuah obyek yang kompleks yang mengandung sifat dan fungsi. Sebuah controller lapisan secara otomatis mensinkronisasi objek dengan presentasi dan sebaliknya melalui dua cara koneksi yang disediakan oleh Observer pola. Mengaktifkan / menonaktifkan dan validasi hadir khusus tantangan di bawah mengedit model, tetapi mereka dapat ditangani. Sebuah komersial program, ViewSoft internet, pernah sebentar tersedia pada 1990-an yang menerapkan tujuan umum GUI pembangun berdasarkan Editing Model.
Transisi Networks menyajikan antarmuka pengguna logika sebagai semacam cerdas diagram alur. Dalam Event Bahasa model, bahasa komputer yang dirancang di sekitar penanganan peristiwa. Ini pada dasarnya adalah pendekatan yang diambil dalam Microsoft's. Net bahasa C # dan Visual Basic.Net dengan mendelegasikan dan peristiwa bahasa struktur.
Model-model lain termasuk Hypertalk, Sistem Produksi dan deklaratif Bahasa.


Tujuan User Interface Management

Tujuannya adalah Penciptaan suatu cara agar bisa diadakan atau diperoleh interface yang konsisten yang mempunyai "look" (rupa) dan "feel" yang sama umtuk sejumlah aplikasi yang berbeda di dalam sistem yang sama.


Contoh User Interface Management System (UIMS) :

  • Apple Macintosh
  • OSF / MOTIF dari Open Systems Foundation
  • Open Look dari Sun untuk At&T
  • Windows dari Microsoft
Bagaimana UIMS Mencapai Tujuan :
  • Memberikan se-set fasilitas standar untuk penanganan dialog pemakai  Misal : widgets, memberikan komponen standar dasar interface
  • Bisa digunakan oleh programmer sebagai se-set alat
  • Memberikan beberapa software standar yang mengelola cara yang digunakan oleh setiap program aplikasi untuk menggunakan interface itu.
  • Se-set aturan mengatur cara tertampilnya atau cara bertindaknya berbagai fasilitas. Contoh : aturan tentang pengoperasian mouse :
          Klik tunggal untuk memilih item
          Klik ganda untuk mengaktifkan item 
          Menarik mouse dengan masih menekan tombolnya untuk memilih semua item yang    dilewati oleh kursor
  • Sebagian besar UIMS kegunaan umum didasarkan pada :
          Sistem windowing
          Memanfaatkan WIMP (Window, Icon, Menu, Pointer)


Reff :
openstorage.gunadarma.ac.id/handouts/D3.../GUI%20&%20Multimedia.ppt
wikiepedia.com







Tidak ada komentar:

Posting Komentar