Kamis, 25 Februari 2010

Bagaimana suatu sistem interaktif dibuat/dibangun supaya mempunyai daya guna yang tinggi ?

Menurut saya sistem interaktif yang memiliki daya guna yang tinggi yaitu system interaktif yang dapat mengajarkan,menjelaskan dengan mudah kepada seluruh khalayak ramai yang dapat memproses dan mengkombinasikan suatu system untuk mencapai sutu tujuan tertentu dalam suatu sarana aplikasi. Keberhasilan suatu sistem interaktif pada umumnya diyakini akan meningkatkan dayaguna (usability) dari sistem tersebut.

            Untuk membangun suatu system interaktif tersebut dibutuhkan komunikasi antara manusia dan computer. Dimana manusia yang berfikir yang memiliki intensitas ilmu pengetahuan yang tinggi yang menjalankan tugas dengan baik sedangkan computer hanya menjalankan instruksi dari sipengguna (user). Komputer dimodelkan secara konvensional sebagai suatu kombinasi pemroses sentral dan hubungannya dengan memori, dengan pengontrol peralatan input/output untuk menghubungkannya dengan komponen-komponen peripheral dan juga dalam berhubungan dengan sistem di luar.

            Sistem Interaktif di Universitas Gunadarma itu contohnya seperti elearning. Dimana Mahasiswa dapat berkomunikasi, mengerjakan tugas/kuis yang diberikan oleh dosen  via internet tanpa harus tatap muka. Sistem interaktif itu disebut dengan virtualclass. Studentsite, studentsite ini dapat digunakan oleh seluruh mahasiswa universitas gundarma untuk melakukan segala keaktifitasanya sebagai mahasiswa. Di studentsite ini mahasiswa dapat menyalurkan apresiasinya dalam mengembangkan suatu SDM yang baik. Dan masih banyak lagi kegunaan dari studentsite tersebut.

            Sistem Interaktif juga bisa digunakan untuk sarana belajar dan bermain. Tak hanya Sekolah, Universitas, Perusahaan, Bimbel saja yang dapat menciptakan system interaktif itu dapat berjalan. Anak sekolah pun dapat membuat system interaktif itu agar dapat dipakai oleh semua orang. Contohnya mereka membuat suatu CD Interaktif mengenai pembelajaran untuk anak di Usia dini dengan menggunakan Macromedia Flash. Mereka membuat menu-menu yang menarik , membuat daftar Alfabet, membuat nama-nama buah, hewan, dll. Tak hanya itu mereka juga bisa mengajarkan bahasa inggris kepada anak-anak usia dini. tentunya dengan gambar yang menarik dan lucu agar sang anak dapat bersemangat dalam belajar. Anak-anak itu paling suka dengan intensitas warna yang cerah karena Kecerahan adalah tanggapan subjektif objek terhadap cahaya. Penglihatan juga sangat penting karena jika dalam suatu tekstur antara warna dan gambar tidak kontras hal itu akan mendapatkan dampak yang buruk bagi yang melihatnya. Untuk manusia dengan penglihatan normal, sejauh ini penglihatan merupakan indra yang paling penting. Para ahli psikologi berpendapat bahwa sistem penglihatan manusia didesain untuk menghasilkan persepsi yang terorganisir dalam kaitan dengan pergerakan, ukuran, bentuk, posisi relatif dan tekstur.


2 komentar:

  1. bagaimana suatu interaktif di buAT..

    BalasHapus
  2. suatu interaktif itu dapat dibuat dgn adanya pemikiran dan daya guna yg tinggi agar dpt bermanfaat untuk SDM yg akan menggembangkannya lbh interaktif lagi. ^_^

    BalasHapus