Jumat, 12 Maret 2010

Sejarah
Film di Indonesia


Film pertama di Indonesia ini adalah sebuah film dokumenter yang menggambarkan perjalanan Ratu Olanda dan Raja Hertog Hendrik di kota Den Haag. Pertunjukan pertama ini kurang sukses karena harga karcisnya dianggap terlalu mahal. Sehingga pada 1 Januari 1901, harga karcis dikurangi hingga 75% untuk merangsang minat penonton. Selain itu juga diadakan pertunjukan khusus seminggu sekali untuk anak-anak yang harus diantar oleh orang tuanya.

Selain melakukan promosi di surat kabar dengan kalimat-kalimat yang terkesan bombastis, pihak bioskop juga menjual karcis promosi. Kursi penonton ditambah kelasnya menjadi 4 kelas. kelas yang ditambah adalah Loge (VIP) dan kelas ke III (kemudian disebut kelas "kambing" yang identik dengan pribumi). Dalam 5 tahun pertama, bioskop-bioskop di masa itu sudah sanggup memutar dua film setiap malamnya.

Sementara, film yang dibuat di Indonesia pertama adalah "Loentoeng Kasaroeng." Film ini Company. Sutradaranya adalah duo Belanda G.Kruger dan L. Heuveldorp dan dibintangi Bupati Bandung masa itu, Wiranatakusumah V. Pemutaran perdana di Kota bandung pada 31 Desember 1926 - 6 Januari 1927 di dua bioskop terkenal Elite dan oriental Bioscoop (Majestic)




Referensi : Harian Seputar Indonesia
                 Rabu, 10/03/2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar