Senin, 15 Maret 2010

Apa yang dimaksud teknik EVALUASI pada sistem interaksif dan tujuannya apa?

Sebelum membahas teknik EVALUASI dan tujuan dari sistem Interaktif terlebih dahulu Saya akan membahas arti dan tujuan dari EVALUASI itu sendiri :

Evaluasi adalah proses penilaian. Penilaian ini bisa menjadi netral, positif atau negatif atau merupakan gabungan dari keduanya. Saat sesuatu dievaluasi biasanya orang yang mengevaluasi mengambil keputusan tentang nilai atau manfaatnya.

Tujuan Evaluasi
Ada 3 tujuan utama dari evaluasi :
  • Melihat seberapa jauh sistem berfungsi. Desain system memungkinkan user melakukan tugas yang dibutuhkan dengan lebih mudah.Evaluasi pada tahap ini meliputi pengukuran unjuk kerja dari user pada system, untuk melihat keefektifan system dalam mendukung tugas.

  • Melihat efek interface bagi pengguna. Ini mencakup pertimbangan aspek dari kemudahan system dipelajari, usability dan perilaku user. Penting juga untuk mengidentifikasikan area desain yang berlebih dari user, dengan menggunakan sejumlah informasi yang berlebih.

  • Mengidentifikasi problem khusus yang terjadi pada system. Ketika menggunakan konteks yang diinginkan menyebabkan hasil yang tidak diinginkan, atau terjadi kekacauan diantara user. Ini tentunya berhubungan dengan usability dan fungsionalitas dari desain (bergantung pada sebab masalah). Tujuan ini merupakan aspek negative dari desain.

Untuk mencapai tujuannya terhadap teknik Evaluasi pada Sistem Interaktif dibutuhkan kepercayaan dalam diri seseorang dalam menciptakan teknik Evaluasi agar berjalan dengan sebagaimana mestinya. Teknik Evaluasi pada Sistem Interaktif  contohnya bisa didapatkan dari ketentuan umum pada suatu Universitas contohnya penilaian kemampuan akademik terhadap seorang mahasiswa dalam mengikuti kegiatan akademik dalam satu semester atau setara dengan itu. Mengikuti kegiatan akademik yang meliputi perkuliahan, praktikum, tugas terstruktur, pembuatan tugas akhir dan tugas lain sebagaimana tercantum dalam kurikulum. 
Kemampuan akademik mahasiswa adalah prestasi yang dicapai mahasiswa yang dinyatakan dengan nilai akhir untuk setiap kegaiatan akademik dan indeks prestasi kumulatif untuk kegiatan akademik dalam kurun waktu tertentu. Tugas akhir adalah tugas yang diberikan fakultas kepada mahasiswa untuk membuat karya ilmiah yang berkaitan dengan bidang ilmunya. Ujian tengah semseter adalah ujian untuk menilai kemampuan mahasiswa yang dilakukan pada tengah semester Ujian praktikum adalah ujian untuk menilai kemampuan mahasiswa terhadap kegiatan praktikum yang telah dilakukannya. Ujian akhir studi adalah ujian skripsi atau komprehensif yang wajib ditempuh mahasiswa sebagai syarat untuk mendapatkan gelar/sebutan sesuai jenjang studinya. Nilai akhir adalah nilai yang menunjukkan tingkat kemampuan akademik mahasiswa merupakan gabungan dari beberapa nilai dalam satu semester.

Contoh lainnya seperti contoh pada tugas Saya yang sebelumnya mengenai Sistem Interaktif dimana dijelaskan suatu sistem dapat berjalan dengan baik apabila memiliki SDM yang baik, yang memiliki kemampuan dan daya imajinasi yang tinggi dalam mengembangkan Sistem Interaktif tersebut. Untuk menghasilkan teknik Evaluasi yang baik juga bisa diwujudkan dalam kata SWOT. 

Sering kita mendengar istilah analisa SWOT, analisa tentang strength yang mengacu pada kekuatan yang Anda miliki, weakness yang terkait dengan kelemahan diri, opportunity yang merupakan kesempatan yang ada saat ini atau prospek masa depan, dan threat yang berhubungan dengan seluruh gangguan dan ancaman yang dapat mengancam kehidupan karir Anda.

Inti dari pembahasan  teknik Evaluasi pada Sistem Interaktif  bertujuan untuk merencanakan sesuatu konsep yang ditentukan agar berjalan sebagaimana mestinya yang telah dirancang, di bentuk sedemikian sehingga menjadi suatu proses yang sempurna demi kelancaran suatu proses yang akan mengarahkan ke jenjang yang lebih baik dan sempurna di masa mendatang.

Reff:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar