Rabu, 24 Maret 2010

TIPS MENGHINDARI INTIMIDASI DARI ATASAN

Tak mudah bekerja di bawah kuasa atasan yang senang mengintimidasi. Sebab, atasan seperti ini selalu membuka mata lebar-lebar terhadap kesalahan yang dibuat bawahannya, tetapi menutup mata terhadap prestasi yang dibuat bawahannya.

Nah, jika Anda memiliki atasan seperti ini, berikut ini, berikut tips yang bisa dicoba agar mental Anda tak terkikis oleh kebiasaannya mengintimidasi anak buah.
  1. Perhatikan apakah tindakannya tergolong intimidasi atau pelecehan. Intimidasi bagian dari bulying. Namun, bullying di tempat kerja belum menjadi hal yang ilegal. Sementara, pelecehan adalah tindakan melanggar hukum.
  2. Catat tanggal, waktu, dan perlakuan buruknya kepada Anda, termasuk saksi yang nantinya bisa mendukung Anda. Jadi, saatnya Anda mengeluhkan perlakuan buruk atasan, Anda sudah punya bukti-bukti yang mendukung.
  3. Bicara kepada atasan jika atasan belum sampai melakukan hal yang ilegal, tapi perilakunya sudah cukup meresahkan Anda, coba bicara kepadanya soal ketidaknyamanan Anda.
  4. Batasi kontak dengan atasan. Jika Anda tak menemukan jalan terbaik untuk menyelesaikan masalah ini, anda pun bisa memutuskan untuk tak terlalu terlibat dengannya.

Harian Seputar Indonesia, 15/01/2010


Tidak ada komentar:

Posting Komentar