Senin, 31 Mei 2010

Touch Screen

SAN FRANSISCO - Perangkat layar sentuh muncul sejak tahun 2008 lalu. Meski kala itu terjadi krisis ekonomi di seluruh dunia. Namun hingga tahun 2009, perangkat layar sentuh justru mengalami peningkatan.

Teknologi layar sentuh merupakan salah satu di antara sedikit industri yang menunjukkan pertumbuhan signifikan pada tahun 2009. Setidaknya, industri ini mengalami peningkatan sekira 29 persen per tahun. Pada 2009, tidak kurang dari 606 juta unit panel sentuh berhasil dipasarkan. Angka itu cukup memenuhi 31 persen pasar ponsel dunia, sedangkan 50 persennya menggunakan teknologi selain sentuh.



"Penetrasi touchscreen telah meningkat dengan cepat di ponsel, PMP/MP3, navigasi portabel, dan aplikasi lainnya. Selama beberapa tahun ke depan, layar sentuh akan mengalami pertumbuhan yang kuat dalam aplikasi yang berukuran besar, seperti all-in-one PC, PC Mini-note/slate, dan konten edukasi/ pelatihan," kata Jennifer Colegrove, PhD, Direktur Display Technologies di DisplaySearch, seperti dikutip melalui Softpedia, Selasa (25/5/2010).

Di 2010, DisplaySearch memprediksi akan menjadi tahunnya sentuhan teknologi baru, seperti on-cell atau panel komersil kombinasi layar sentuh dan qwerty. Selain itu, didorong oleh penjualan iPod dan tablet, diproyeksikan terus tumbuh tahun ini, ke titik di mana mereka akan semakin menyebar luas dibanding teknologi sentuhan resistif. Namun begitu, harga rata-rata untuk layar tersebut perlu diamati dalam rangka mengendalikan biaya produksi. (srn)

Sumber : OkeZone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar