Senin, 31 Mei 2010

Jenjang Kehamilan untuk Para Wanita

Sekitar 1 minggu sesudah pembuahan, bola sel memendamkan dari dalam lapisan rahim yang kaya akan darah menyerap zat makanan di sana. Sel itu terus membelah diri, membentuk jaringan tubuh pertama, seperti pembuluh darah dan saraf. Secara bertahap bola sel menekuk dan memutar, sehingga bentuk dasar tubuh terbentuk. Sementara itu, sel lain membentuk plasenta, organ berbentuk cawan di lapisan rahim. Di dalam plasenta, darah bayi mengalir sangat dekat dengan darah ibunya. Lewat palsenta inilah oksigen dan zat makanan yang sangat penting mengalir dari ibu ke bayi, sementara hasil buangan mengalir ke arah yang berlawanan.

5 Minggu
Panjang bayi sudah sekitar 10mm. wujud kepala, punggung, dan jantungnya mulai tampak. Mulut dan mata mulai terbentuk. Kaki dan tangan terbentuk seperti kuncup yang gempal. pada tahap ini, bayi disebut embrio.

8Minggu
Panjang bayi sekitar 25 mm dan semua bagian utana tubuh telah terbentuk. bahkan jari tangan dan kaki pun sudah terbentuk. Pada tahap ini, bayi disebut janin

12Minggu
Sel-sel tetap aktif membelah diri dan berkembang serta memberi kelengkapan akhir pada tubuh bayi, seperti kelopak mata, kuku tangan, dan kuku kaki. Panjang bayi sekitar 13 cm. masih ada 28 minggu sebelum bayi dilahirkan. 

Sumber : Ensiklopedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar