Senin, 31 Mei 2010

Sistem Reproduksi

REPRODUKSI
Agar kehidupan di Bumi berlanjut, manusia dan hewan lain harus berkembang biak. Proses pembentukan kehidupan baru disebut reproduksi. Sejak lahir, wanita memiliki banyak sel telur pada dua kelenjar, yang disebut indung telur, yang terletak di dalam bagian bawah perut. Sejak masa pebertas, satu sel dari sel-sel telur itu dilepaskan tiap bilan sebagai bagian dari siklus haid. Selama hidupnya, laki-laki menghasilkan sel-sel kecil berbentuk "kecebong", yang disebut sperma. Sperma dihasilkan  dari organ kelamin yang bernama testis. Jika sperma bertemu dengan sel telur masak, maka akan terjadi pembuahan. Sel telur hanya dapat dibuahi selama sekitar 3 hari setelah sel telur lepas dari indung telur. Pembuahan menyebabkan sel telur berkembang dalam rahim wanita. Selama 9 bulan berikutnya, sel telur kecil itu berkembang menjadi bayi berbentuk lengkap dan siap dilahirkan.

Janin
Bayi yang sedang berkembang hidup di dunia yang berair di dalam rahim. Di dalam rahim, cairan amnion melindungi bayi terhadap benturan, cahaya terang, dan keributan di luar. Namun demikian, bayi dapat mendengar detak jantung dan suara berdeguk makanan dalam usus ibunya.

Organ Kelamin
Organ kelamin utama wanita adalah indung telur, yang berjumlah dua buah. letaknya di sebelah kiri dan kanan di dalam rongga perut bagian bawah. Sedangkan organ kelamin utama laki-laki adalah sepasang testis dan sebuah penis yang terletak di luar bagian bawah perut. Perbedaan lain antara organ kelamin wanita dan laki-laki, seperti payudara wanita, digolongkan sebagai ciri kelamin sekunder  

Sumber : Ensiklopedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar