Senin, 24 Mei 2010

Dimana Menemukan Pegunungan Hantu

Sejumlah puncak tertinggi di Planet Bumi selama jutaan tahun tak pernah terlihat secara kasatmata karena tersembunyi di bawah lapisan es dan salju di bagian tengah Antartika. Namun, kini rahasia pegunungan Gamburtsev, yang dikenal sebagai "pegunungan hantu" itu, mulai terkuak.

Sebuah tim mancanegara yang terdiri dari sejumlah insinyur, pilot, dan ilmuwan bekerja di Kutub Selatan yang bercuaca ekstrem dengan menggunakan radar yang dapat menembus ketebalan lapisan es dan peralatan seismik yang dapat "mencitrakan"puncak-puncak pegunungan Gamburtev yang tersembunyi.

Kelompok pertama ilmuwan terbang melintasi wilayah pegunungan itu dengan menggunakan pesawat yang dilengkapi radar khusus. Radar pencitraan yang dilengkapi dengan data gravitasi dan data magnetik digunakan untuk membentuk gambar 3dimensi (3D) dari puncak-puncak Gamburtsev.Tim kedua bekerja di darat, yang bertugas mendengarkan gelombang seismik yang terpancar dari puncak-puncak gunung. Data tersebut digunakan untuk menyelidiki struktur lapisan tanah keras di dasar pegunungan.

Hasil pencitraan menunjukkan bahwa Gamburstev terbentuk oleh jajaran puncak bergigi yang tingginya sekitar 2.600 meter, yang menunjukkan kemiripan dengan Cascade Range di American Northwest.

Para peniliti yakin puncak-puncak ini memainkan peran penting dalam membentuk lapisan es di Antartika Timur sekitar 30 juta tahun lalu.

Meskipun kini kita sudah punya gambaran seperti apa bentuk"pegunungan hantu", pegunungan ini tetap menyimpan rahasia. Pegunungan Gamburstev tampaknya tidak terbentuk,baik oleh aktivitas tektonik maupun prises vulkanik-dua hal yang umumnya terjadi pada proses pembentukan gunung. 


Reff : Harian koran Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar