Senin, 31 Mei 2010

Nama Planet

MATAHARI
adalah bintang berbentuk bola gas yang jauh lebih besar dari planet manapun

MERKURIUS
Sangat dekat ke matahri sehingga tak punya atmosfer atau lautan. Permukaannya berbatu-batu dan shunya mencapai sekitar 350 derajat celsius.

VENUS
Seluruh permukaan Venus tertutup awan tebal. Awan ini mengurung panas matahari, sehingga Venus menjadi planet terpanas di tata surya. Suhu permukaannya sekitar 480 derajat celsius.

BUMI
Bumi memiliki atmosfer udara dan lautan air. Sushunya rata-rata 22 derajat celcius. Udara dan air sangat penting bagikehidupan di planaet. Jika bumi memanas, air akan menguap. jika bumi mendingin, airnya bisa membeku.

MARS
Palnet kecil ini kering. Permukaannya berbatu-batu, berwarna merah. Suhunya sekitar -23 derajat celcius. Mars memiliki dua kutub padang es dan gas yang membeku. Ada dua bulan kecil yang menggelilinginya, yaitu Phobos dan Deimos.

YUPITER
Planet terbesar dalam tata surya. Planet ini memiliki 16 bulan. Permukaannya tertutup sabuk awan gas berputar. Permukaan itu sendiri terbentuk dari campuran gas dan cairan. Planet ini dingin dan dikelilingi pita berbentuk cincin yang tersusun dari debu.

SATURNUS
Saturnus hampir sama besarnya dengan Yupiter. planet ini dilingkari oleh pita-pita awan badai seperti cincin. Saturnus memiliki inti yang padat. Inti ini dikelilingi oleh lapisan es dan gas hidrogen. Saturnus memiliki bulan lebih banyak dari planet lain. Menurut para astronom, ada lebih dari 20 bulan.
Selain Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus yang dilingkari oleh cincin. Cincin Saturnus merupakan yang paling menakjubkan. cincin ini terdiri dari jutaan pecahan batuan berlapis es. Para ilmuwan tidak tahu pasti bagaimana cincin-cincin itu terbentuk. Kemungkinan cincin terbentuk pada saat pembentukan planet atau merupakan sisa dari sebuah bulan besar berlapis es yang terpecah.

NEPTUNUS
Mempunyai atmosfer hidrogen berwarna biru menyolok dan awan dari gas metana. Neptunus memiliki inti dari batuan sebesar bumi. Neptunus memiliki 3 cincin dan 8 bulan.

URANUS
Memiliki inti padat yang tersusun dari logam. Inti ini dikelilingi oleh lapisan gas dan es. Atmosfernya yang berwarna biru kehijauan terbentuk dari ga-gas, seperti metana, hidrogen, dan helium. Uranus sangat dingin dengan suhu sekitar -214 derajat celcius.

PLUTO
Merupakan planet terjauh dan terkecil dengan diameter sekitar seperlima diameter Bumi. Pluto adalah planet terdingin dengan suhu sekitar -230 derajat celcius. Pluto memiliki satu bulan dengan ukuran setengahnya dari Pluto.

Sumber : Ensiklopedi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar