Senin, 31 Mei 2010

Sejarah Penerbangan

Pada akhir 1840-an, pereka cipta dari Inggris, Sir George Cayley, membuat pesawat terbang layang yang bisa mengangkut satu orang ketika mengudara setelah ditarik. Sesudah itu banyak orang berusaha untuk lepas landas dengan mesin terbang. Mesin ini semula digerakkan dengan motor uap, kemudian motor bensin. tapi baru pada awal abad ke-20 Wright Bersaudara dari AS benrhasil melakukan penerbangan perdana dengan pesawat terbang bermotor.

OTTO LILIENTHAL
Pada 1890-an, insinyur Jerman, Otto lilienthal, terbang mengudara dengan pesawat gantole. Ini merupakan penerbangan pertama dengan pesawat yang bisa dikendalikan oleh pilot.

WRIGHT BERSAUDARA
Penerbangan pertama di dunia dengan motor yang bisa dikendalikan terjadi 17 Desember 1903 di Kitty Hawk, Carolina Utara, AS. Meskipun hanya bertahan 12 menit, penerbangan ini menjadi titik awal zaman pesawat terbang.

AMBANG SUARA
Dulu orang percaya bahwa kecepatan pesawat takkan pernah bisa melebihi kecepatan suara. Tapi pada 14 oktober 1947 hal itu terbukti keliru. pilot Amerika, Chuck Yeager, berhasil menembus ambang suara dengan pesawat bermotor roket, Bell X-1.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar