Kamis, 30 Desember 2010

Solusi terpadu nyeri tulang belakang

Hampir 85% penduduk dunia pernah menderita nyeri tulang belakang, paling tidak sekali selama hidupnya. Penderita umumnya kerap merasakan keluhan ringan, seperti nyeri disertai rasa tebal dan kesemutan, kelemahan anggota gerak, bahkan mati rasa.

           Penyebabnya adalah regangan otot (Muscle Spasm) postur tubuh kurang tepat, dan penyakit sendi tulang belakang akibat proses degeneratif. Umumnya, keluhan nyeri ini dapat kembali pulih dengan sendirinya. Namun, jika tidak membaik, perlu dipikirkan untuk melakukan tindakan lebih lanjut.

           Ketika mengalami nyeri, usahakan untuk tidak melakukan olahraga atau fisioterapi berat karena dapat menambah nyeri. Bila nyeri merada, baru Anda dapat melakukan kedua kegiatan tersebut.

Penanganannya adalah bila nyeri terjadi, minumlah obat penghilang rasa sakit, baik yang dijual bebas ( Over The Counter) maupun resep dokter, dapat menjadi pilihan terapi. Asalkan tidak berlebihan untuk menghindari efek samping. Alternatif lainnya adalah dengan Pain Management. Tindakan tersebut berupa injeksi obat-obatan penghilang rasa sakit dan anti peradangan. 

Sumber : harian Kompas, 11/12/2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar