Kamis, 30 Desember 2010

Manfaat dan Kegunaan Energi Matahari


Matahari identik dengan sumber cahayanya, sumber energi panas terbesar di bumi yang bisa memberi kehidupan di dunia ini dengan pancaran sinarnya yang berguna untuk semua mahluk hidup yang ada di bumi. Energi matahari merupakan energi yang utama bagi kehidupan di bumi ini.

Jumlah energi yang dipancarkan matahari setara dengan 10.000 kali konsumsi energi di seluruh dunia saat ini. Penggunaan energi matahari tidak mengganggu kondisi atmosfir dan juga tidak menghasilkan polutan yang berbahaya bagi makhluk hidup.

Matahari merupakan sumber cadangan energi terutama bagi negara-negara yang terletak di khatulistiwa termasuk Indonesia, dimana matahari bersinar sepanjang tahun.

Berikut Manfaat matahari :
  1. Matahari mempunyai fungsi yang amat sangat penting untuk kehidupan di dunia ini, contohnya saja dengan adanya matahari kehidupan di bumi ini menjadi hangat, saat udara dingin menghampiri paginya sang surya / matahari dapat menghangatkan tubuh kita.
  2. Batu Bara dan Minyak Bumi sebenarnya juga berasal dari matahari. Batu bara dapat digunakan untuk penambangan / bisa sebagai penerangan dikala malam datang. 
  3. Matahari dapat mengontrol terjadinya siang, dan malam, tahun dan planet-planet lainnya. 
  4. Penerangan Ruangan contohnya dengan teknik ini pada siang hari lampu pada bangunan tidak perlu dinyalakan sehingga menghemat penggunaan listrik untuk penerangan
  5. Pemanasan Ruangan contonya dengan adanya jendela ruangan didlam rumah dapt tersinari oleh cahaya matahari, tanpa kita harus terkena panasnya langsung, dengan jendela udara yang masuk akan terasa lebih hangat.
  6. Pengeringan hasil pertanian, contohnya saat musin panen tiba para petani siap untuk memanenkan hasil padinya yang nantinya dijemur padinya dibawah sinar matahri agar saat proses penggilingan menjadi beras dapat mudah dilakukan.

Berikut gambaran diatas mengenai manfaat energi matahari yang Saya ketaui, kurang dan lebihnya mohon di maafkan...

0 komentar:

Poskan Komentar