Kamis, 30 Desember 2010

Panas Bumi Aset Terbesar di Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan cadangan panas bumi terbesar di dunia dan memiliki peluang besar untuk melepaskan diri dari ketergantungan terhadap bahan bakar fosil lain yang cenderung mengalami kenaikan harga dan merusak lingkungan.

Dalam laporan studi yang disusun oleh Spesialis Energi Senior Bank Dunia Xiaodong Wang disebutkan bahwa kapasitas panas bumi yang dimiliki Indonesia mencapai 27 gigawatt (GW). Jumlah ini menetapka Indonesia sebagai negara dengan sumber panas bumi erbesar di dunia. Negra lain yang memiliki smber panas bumi adalah Filipina dan Vietnam, masing-masing 3 GW dan 1,4 GW.

Direktur Energi, Pertambangan, dan Sumber Daya Mineral Bappenas Montty Girianna mengatakan, panas bumi adalah tulang punggung energi terbarukan yang bisa digunakan oleh Indonesia.

Solusi yang harus disiapkan mendorong agar pemerintah daerah mengembangkan kapasitasnya dalam menggelar tender. Indonesi juga perlu menetapkan standarisasi prosedur untuk melakukan tender sehingga pemda memiliki dasar untuk melakukan tender proyek panas bumi.


Sumber : Harian Kompas 11/12/2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar