Sabtu, 05 Juni 2010

Makanan & Gizi

Supaya tetap sehat dan bersemangat maka setiap harinya tubuh memerlukan berbagai makanan bergizi. Kita harus mengkonsumsi salah satu jenis makanan dari kelompok-kelompok dibawah ini :

ZAT PUTIH TELUR
Makanan Pembentuk jaringan Tubuh atau Protein.
    Protein merupakan makanan pembentuk jaringan tubuh yang diperlukan untuk pertumbuhan dan pembentukan jaringan otot, otak dan bagian-bagian tubuh lainnya. Untuk tumbuh dan menjadi kuat, setiap orang harus makan cukup protein setiap harinya.

MAKANAN YANG KAYA AKAN PROTEIN
Daging, susu, ayam , keju, telur, kacang, ikan, kedelai, makanan laut.
Makanan yang cukup mengandung protein :
Sayur-sayuran berwarna hijau gelap, biji-bijian atau cereal, seperti gandum, padi-padian sayur-sayuran dan jenis kacang-kacangan lainnya.

GULA DAN TEPUNG
Makanan pemberi energi Karbohidrat/Hidratarang 
     Karbohidrat seperti tepung dan gula merupakan makanan pemberi tenaga, Makanan ini pemberi tenaga. Makanan ini dapat diumpamakan seperti kayu bakar. Semakin keras seseorang bekerja, semakin banyak makanan pemberi energi ini diperlukan. Akan tetapi, diet yang hanya terdiri dari makanan ini, tanpa protein, akan membuat tubuh kita lemah.

Tepung :
Jagung (gandum, beras, sorghum). Mi, Makroni, kentang, ketela, talas, plantain, dll. Gula, buah-buahan, madu, manis, tebu, pisang, lasses, susu,  dll.

LEMAK DAN MINYAK
Makanan cadangan penyimpan tenaga.
     Lemak Merupakan bentuk konsentrat dari energi yang disimpan. Tubuh kita akan mengubah lemak menjadi gula jika diperlukan. Makan lemak secara berlebihan merupakan tindakan yang dapat membahayakan kesehatan, tetapi sedikit lemak atau minyak dalam hidangan dapat menambah selera makan.

MAKANAN YANG KAYA AKAN LEMAK:
Minyak goreng, minyak selada, daging babi, lemak sapi, minyak ayam, mentega, margarine, dll.

MAKANAN YANG CUKUP MENGANDUNG LEMAK :
kacang tanah, susu, kacang wijen, kedelai, advokat, kelapa, dll.

VITAMIN & MINERAL
Makanan pelindung dan pemelihara kesehatan.
Vitamin merupakan mkanan pelindung. Vitamin membantu tubuh agar dapat bekerja dengan sempurna. Kita akan jatuh sakit jika makanan tidak mengandung semua vitamin yang diperlukan.

Mineral diperlukan untuk membentuk gigi-geligi, tulang belulang dan darah.

MAKANAN YANG KAYA AKAN MINERAL DAN VITAMIN:
Hati, daging, ayam, telur, ikan, keju, susu, sayur-sayuan, buah-buahan, cereal, ganggang laut, dll.

Sumber : Buku Pintar




Tidak ada komentar:

Posting Komentar