Kamis, 29 Desember 2011

Waktu Terbatas, Taman Tetap Cantik

Tulisan 6 Bahasa Inggris Bisnis 1#


Kehadiran taman di halaman rumah bisa sangat menyegarkan. Namun, banyak orang menjadi enggan karena ketiadaan waktu yang untuk melakukan perawatan. Kehadiran taman sering menuntut menuntut sang penghuni rumah untuk melakukan perawatan yang intensif agar taman tetap asri nan hijau. Berikut ini beberapa tips untuk menghadirkan taman asri minim perawatan.

Akses bebatuan
Untuk meminimalkan perawatan, taman sering ditambahkan aksen bebatuan, seperti kerikil atau batu koral. Batu dan kerikil sebaiknya ditata menurut alur atau disusun secara acak sehingga dapat mengurangi intensitas Anda memelihara tanaman. Taman Anda juga dapat dipadukan dengan stepping stone. Hindari penataan batu dan kerikil yang padat karena dapat memicu tumbuhnya gulma.

Komposisi taman
Menciptakan taman yang minim perawatan bukan berarti tidak menghadirkan tanaman sama sekali. Anda sebaiknya menanamkan tanaman yang cocok dengan jenis tanah dan kondisi iklim dari lokasi taman. Hal ini berguna agar perawatan yang dilakukan tidak terlalu rumit. Umumnya, aloevera atau adenium termasuk jenis tanaman tahan kering yang minim perawatan.

Selain mensiasati dengan pemilihan jenis tanaman, Anda juga dapat menggunakan rumput agar intensitas perawatan semakin minim. Agar rumput selalu tampak hijau dan asri, cukup menyiraminya setiap hari dan memupuknya tiga bulan sekali. 

Desain taman
Komponen lain yang juga mendukung agar taman minim perawatan adalah penggunaan bahan tertentu untuk bagian dasar taman dan dekorasi sekitarnya. Taman yang terletak di luar rumah dan mudah terpapar hujan sebaiknya gunakan lantai yang mampu meresap air. Untuk semakin mempercantik taman Anda, berikan juga sentuhan dekoratif pada dinding taman, misalnya dengan tatanan batu warna-warni yang melekat.

Sumber : Kompas, 3 Des'2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar