Kamis, 29 Desember 2011

Manfaat air putih bagi tubuh

Tulisan 14 Bahasa Inggris Bisnis 1#


Minum air putih terkadang hanya dianggap sebagai kewajiban dan kebiasaan. Tak jarang kita lebih memanjakan kepentingan lidah yang pada akhirnya menggantikan air putih dengan minuman manis atau rasa lainnya.

Padahal, kita sering diberi tahu oleh orangtua kita bahwa air putih bukan hanya sebagai pelepas dahaga, tetapi juga penting bagi kesehatan organ tubuh manusia. Minum air putih tidak hanya baik dilakukan saat bangun tidur, tetapi juga sebelum tidur.

Banyak orang juga mengabaikan konsumsi air outih pada saat bangun tidur. Padahal, saat tidur, aktivitas tubuh tidak berhenti bekerja. Metabolism sel-sel terus berjalan, dan air dalam tubuh membantu sel-sel bekerja sehingga aka nada air yang terbuang dalam prosenya. Berikut ini adalah manfaat air putih bagi tubuh.

Minum air putih  dapat meningkatkan energy. Dengan mengonsumsi air putih pada pagi hari setelah bangun tidur, metabolism kita bisa meningkat sehingga membantu seseorang lebih waspada dan segar. Saat tidur, tubuh kita mengalami dehidrasi. Agar tubuh bisa kembali optimal, diperlukan asupan air.

Minum air putih pada pagi hari juga membantu meringankan fungsi ginjal dalam menghilangkan racun serta produk buangan dari dalam system tubuh. Hal ini dikarenakan saat tidur, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan.

Menurut Mara Z Vitolins, seorang ahli nutrisi dari Wake Forest University Baptist Medical Centre, umumnya tubuh tidak bisa membedakan antara rasa lapar dan haus. Oleh karena itu, konsumsi air minum bisa membantu membedakan hal tersebut.

Jika seseorang minum air putih saat sedang lapar akan terlihat adanya penurunan nafsu makan, sehingga membantu menurunkan berat badan dan menghindari konsumsi minuman lain yang tinggi gula, kalori, atau kafein. Minum air putih secara teratur juga bisa mempercantik kulit karena membantu memberihkan racun dari tubuh.

Walaupun 70 persen tubuh kita terdiri dari air dan memiliki kebutuhan air yang tinggi, tetapi minum air putih juga tidak boleh berlebihan karena justru bisa membebani Anda lebih sering ke kamar mandi, dan berefek buruk bagi fungsi jantung dan ginjal. 


Sumber : Kompas, 20 Nov’2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar