Kamis, 25 Februari 2010

Bagaimana suatu sistem interaktif dibuat/dibangun supaya mempunyai daya guna yang tinggi ?

Menurut saya sistem interaktif yang memiliki daya guna yang tinggi yaitu system interaktif yang dapat mengajarkan,menjelaskan dengan mudah kepada seluruh khalayak ramai yang dapat memproses dan mengkombinasikan suatu system untuk mencapai sutu tujuan tertentu dalam suatu sarana aplikasi. Keberhasilan suatu sistem interaktif pada umumnya diyakini akan meningkatkan dayaguna (usability) dari sistem tersebut.

            Untuk membangun suatu system interaktif tersebut dibutuhkan komunikasi antara manusia dan computer. Dimana manusia yang berfikir yang memiliki intensitas ilmu pengetahuan yang tinggi yang menjalankan tugas dengan baik sedangkan computer hanya menjalankan instruksi dari sipengguna (user). Komputer dimodelkan secara konvensional sebagai suatu kombinasi pemroses sentral dan hubungannya dengan memori, dengan pengontrol peralatan input/output untuk menghubungkannya dengan komponen-komponen peripheral dan juga dalam berhubungan dengan sistem di luar.

            Sistem Interaktif di Universitas Gunadarma itu contohnya seperti elearning. Dimana Mahasiswa dapat berkomunikasi, mengerjakan tugas/kuis yang diberikan oleh dosen  via internet tanpa harus tatap muka. Sistem interaktif itu disebut dengan virtualclass. Studentsite, studentsite ini dapat digunakan oleh seluruh mahasiswa universitas gundarma untuk melakukan segala keaktifitasanya sebagai mahasiswa. Di studentsite ini mahasiswa dapat menyalurkan apresiasinya dalam mengembangkan suatu SDM yang baik. Dan masih banyak lagi kegunaan dari studentsite tersebut.

            Sistem Interaktif juga bisa digunakan untuk sarana belajar dan bermain. Tak hanya Sekolah, Universitas, Perusahaan, Bimbel saja yang dapat menciptakan system interaktif itu dapat berjalan. Anak sekolah pun dapat membuat system interaktif itu agar dapat dipakai oleh semua orang. Contohnya mereka membuat suatu CD Interaktif mengenai pembelajaran untuk anak di Usia dini dengan menggunakan Macromedia Flash. Mereka membuat menu-menu yang menarik , membuat daftar Alfabet, membuat nama-nama buah, hewan, dll. Tak hanya itu mereka juga bisa mengajarkan bahasa inggris kepada anak-anak usia dini. tentunya dengan gambar yang menarik dan lucu agar sang anak dapat bersemangat dalam belajar. Anak-anak itu paling suka dengan intensitas warna yang cerah karena Kecerahan adalah tanggapan subjektif objek terhadap cahaya. Penglihatan juga sangat penting karena jika dalam suatu tekstur antara warna dan gambar tidak kontras hal itu akan mendapatkan dampak yang buruk bagi yang melihatnya. Untuk manusia dengan penglihatan normal, sejauh ini penglihatan merupakan indra yang paling penting. Para ahli psikologi berpendapat bahwa sistem penglihatan manusia didesain untuk menghasilkan persepsi yang terorganisir dalam kaitan dengan pergerakan, ukuran, bentuk, posisi relatif dan tekstur.


Sabtu, 20 Februari 2010

Mengatasi Kutu Rambut

Sering merasakan gatal-gatal dirambut?
Terasa sangat panas bila tangan Anda menggaruk kepala Anda?
Hem.. tak lain disinilah penyebab she bintang kecil yang Saya sebut dengan She Kutu Loncat..!!!
Cara lain untuk mengatasi Kutu pada rambut selain dengan obat-obat cair yaitu dengan memanfaatkan biji srikaya..!!

Lebih lengakapnya.. baca ringkasan dibawah ini yah!!

Rambut yang tidak dirawat dengan baik sering menjadi sarang kutu. Gigitan kutu menimbulkan rasa gatal dan keinginan untuk menggaruknya. Hal itu sering mengganggu ketenangan. Itulah sebabnya berantas kutu secepatnya. untuk menghilangkan kutu kepala coba atasi dengan resep berikut :


• Ambil biji srikaya,
• Sangrai sampai hangus lalu tumbuk hingga menjadi tepung.
• Campurkan minyak kelapa ke dalam tepung,
• Gosokkan ke kepala merata,
• Diamkan selama satu jam, dan
• Keramas menggunakan shampo.


Pasti kutu akan musnah dan rambut akan berkilau..!!



Mengatasi Amenorea

Apakah Amenorea itu?
Penyebab apa sajakah yang dihasilkan dari penyakit Amenorea itu?
disini Saya akan menjelaskan sedikit tentang Amenorea.


Mengatasi amenorea tergantung penyebabnya. Jika penyebabnya kegemukan, maka masalah itu yang harus diatasi lebih dulu. Turunkan berat badan secara bertahap hingga mencapai berat ideal. Jika sudah ideal, secara otomatis hormon leptin akan menurun dan terjadi peningkatan hormon esterogen. Peningkatan hormon esterogen ini memungkinkan haid menjadi normal.
       
          Bila penyebabnya tumor otak, maka tumor itu yang harus diangkat. Hanya permasalahan itu tidak mudah karena menyangkut organ yang rumit. Penanganan tumor memerlukan kehati-hatian mengingat letaknya di otak.

           Bila tumor sudah tertangani dengan baik, maka produksi hormon prolaktin secara alami akan menurun sehingga haid berangsur-angsur akan normal.

           Juga bila penyebabnya misalnya kekurangan gizi, stres, atau adanya polikistik ovarium, masalah itulah yang perlu segera diatasi. Jika masalah utama sudah tertangani tetapi haid juga belum normal, barangkali perlu tambahan terapi hormon. Bila siklus haid sudah normal dimungkinkan kesuburan akan pulih sehingga wanita mudah hamil jika pasangannya juga sehat.


Jumat, 19 Februari 2010

Quote of the Day

MOTTO

“Menyendiri itu baik, tetapi Anda membutuhkan seseorang untuk mengatakan bahwa menyendiri itu memang benar-benar tidak baik”
Honore de Balzac (1799-1850), novelis Prancis


“Berbuat baiklah kepada orang-orang jahat karena merekalah yang peling bayak membutuhkan kebaikan”
Ashleigh Briliant, penulis dan kartunis Inggris


“Kualitas bukanlah suatu kebetulan;
kualitas selalu berasal dari usaha yang cerdas”
John Ruskin (1819-1990),
penulis, arsitek, dan kritikus asal Inggris


“Hanya dengan petualangan sejumlah orang bisa
mengetahui dan menemukan diri mereka sendiri.”
Andre Gide (1869-1951),
penulis Prancis,


“Dalam kesehatan terdapat kebebasan.
Kesehatan adalah hal paling pertama dari semua kebebasan.”
Hendri Frederic Amiel (1821-1861), penulis Swiss

“Keunggulan paling tinggi terjadi ketika Anda mampu
menghentikan perlawanan musuh tanpa pertempuran.”
Sun Tzu, penulis
dan petinggi militer china


“Jangan biarkan keadaan mengontrolmu.
Kamulah yang mengontrol keadaan.”
Jackie Chan, actor asal Hong Kong


“Siapa saja yang bisa menjaga kemampuan melihat,
keindahan tak pernah menjadi tua.”
Fanz Kafta (1883-1924), sastrawan Jerman


“Kesuksesan bisa dicapai dengan mengembangkan kekuatan,
bukan dengan menghilangkan kelemahan.”
Marilyn vos Savant, jurnalis dan kolumnis Amerika Serikat


“Seorang teman adalah seseorang yang memahami masa lalumu,
mempercayai masa depanmu, dan menerimamu apa adanya.”
Oscar Wilde, sastrawan Irlandia (1854-1900)

Interaksi Manusia & Komputer

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
  
Oleh :
Siti Noer Bayana
21108848
2KB04
Universitas Gunadarma

Abstrak

Tujuan dalam pembelajaran Interaksi Manusia dan Komputer adalah :

  • Diharapkan mahasiswa dapat merancang sistem interaksi dengan memperhatikan kaidah interaksi dan   komunikasi

  • Menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable), memiliki manfaat dan mudah dioperasikan oleh user.

  • Fungsionalitas, fungsi-fungsi yang ada dlm sistem yg dibuat sesuai dengan perencanaan

  • Keamanan (safe), apakah sistem yg kita dibuat memiliki tingkat pengamanan data atau tidak.

  • Efeektifitas dan Efisiensi, berpengaruh pada produktifitas kerja dari penggunanya dan sistem yang dibuat harus berfungsi dengan baik.
Mengapa Interaksi Manusia dan Komputer ?
  • Diharapkan mahasiswa dapat merancang sistem interaksi dengan memperhatikan kaidah interaksi dan komunikasi
  • Diharapkan mahasiswa dapat merancang sistem interaksi dengan memperhatikan kaidah interaksi dan komunikasi
Teori Interaksi Manusia dan Komputer ?
Tiga kata yang digunakan untuk mendapatkan keberhasilan :
  • Useful (berguna) dapat menyelesaikan apa yang dibutuhkan : memainkan music, memainkan makanan, memformat makanan
  • Usable (dapat digunakan) dapat dikerjakan dengan mudah dan alami, tanpa adanya bahaya kesalahan, dan lain-lain.
  • Used (digunakan) membuat orang menggunakannya, menarik, perlu untuk digunakan, menyenangkan, dan lain-lain.

PENDAHULUAN

Pengenalan dasar Interaksi manusia dan Komputer
Interaksi manusia dan Komputer adalah suatu rancangan sistem komputer yang mendukung/membantu manusia.

Human Computer Interaction = Interaksi Manusia dan komputer, yang secara umum adalah mempelajari suatu interaksi yang terjadi antara manusia dan computer
Antara manusia dengan manusia terjadi suatu interaksi yang beragam cara berinteraksinya dapat secara berdialog, menggunakan suatu bahasa yang di kenal antar manusia atau melalui simbol-simbol yang diciptakan oleh manusia itu sendiri.


Bagaimana manusia dapat berdialog/interaksi dengan suatu komputer (benda)? Bagaimana manusia dapat menciptakan suatu dialog yang dapat dimengerti oleh komputer demikian juga sebaliknya.
Komponen Interaksi Manusia dengan Komputer

Ruang Lingkup IMK meliputi 3 komponen :
• Manusia
• Komputer
• Interaksi


Manusia
merupakan pengguna (user) yang memakai komputer. User ini berbeda-beda dan memiliki karakteristik masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya dalam menggunakan komputer.

Komputer
merupakan peralatan elektronik yang meliputi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak Komputer dapat juga berupa suatu teknologi yang dapat ditempelkan / dicangkokkan (embedded system) ke suatu benda.

Interaksi
Setiap komunikasi antara pengguna (user) dengan komputer, secara langsung maupun tidak langsung; Interaksi tersebut melibatkan suatu dialog dengan suatu umpan-balik (feedback) dan kontrol hasil kinerja dari suatu kerja. Interaksi yang yang bagus antar pengguna dengan pemberi dapat memberikan suatu kemudahan dalam melakukan pekerjaan sehingga dapat menghasilkan suatu hasil yang diinginkan tepat waktu

HUMAN - MANUSIA
• Pengguna / User
• Salah satu yang membuat rancangan system komputer itu ada
• Pengguna yang seharusnya menjadi prioritas Utama
• Brainware : orang yang menggunakan kemampuan logikanya untuk bekerja dengan computer.

Jenis-jenis dari kesalahan (error) pada manusia
Slips (kekeliruan)
bermaksud benar, tetapi salah dalam mengerjakannya Penyebab : kemampuan secara phisik yang kurang, kurang memperhatikan, dsb. Perubahan aspek dari kemampuan kebiasaan dapat menyebabkan kekeliruan ini

Mistakes (kesalahan)
Salah dalam memperhatikan (wrong intention) Penyebab : ketidak mengertian, Manusia membuat “mental models’ untuk menjabarkan kebiasaan yang ada, jika salah (berbeda dalam kenyataan sistem) error dapat terjadi, untuk itu perlu diuji berkali-jali agar sistem yang dibuat dapat mendekati atau penyelesaikan permasalahan yang ada

COMPUTER
Sistem komputer terdiri dari banyak elemen, dan tiap-tiap elemen mempunyai dampak terhadap user dalam suatu system. Peralatan interaksi pada komputer dipengaruhi oleh :

• Peralatan masukan (input) dan
• Keluaran (output) pada suatu sistem komputer.

Sering disebut sebagai peralatan I/O (I/O devices). Peningkatan unjuk kerja CPU tidak akan banyak berarti apabila unjuk kerja peralatan I/O tidak ditingkatkan. Peralatan interaksi semakin lama semakin memanfaatkan semua factor ergonomics yang dimiliki oleh manusia
Input-Output pada Komputer
• Input device
• Output device (monitor atau printer pada umumnya)
• Paper output and input
• Memory
• Processing

INPUT DEVICE
Untuk Penggunaan interaktif digunakan text entry, drawing dan selection dari screen Input lebih menitik beratkan pada perekaman dan pemasukan data kedalam sistem komputer serta memberikan perintah kepada komputer. Dengan kata lain pengguna harus dapat berkomunikasi dengan mesin (komputer) dimana komputer harus dapat mengartikannya
• Text Entry : Keyboard, speech and handwriting
• Pointing : pada dasarnya adalah mouse

The Interaction Human-Computer
Tujuan dari I.M.K adalah untuk mengahasilkan yang berguna dan aman. Seperti fungsi dari sistem yaitu:
Mengembangkan(develop) dan menyempurnakan (improve) :
• safety
• utility
• effectiveness
• efficiency
• usability

 PEMBAHASAN

Peranti Bantu Pengembangan Sistem
Untuk mempercepat proses perancangan dan pengembangan antarmuka, beberapa peranti bantu pengembangan sistem antarmuka sering dimanfaatkan. Pada sekitar pertengahan tahun 1980-an, MacApp dari komputer Apple merupakan salah satu peranti bantu pengembang sistem antarmuka yang sangat berhasil dipandang dari berkurangnya waktu pengembangan sampai empat atau lima kali. Dewasa ini, dengan banyaknya kompiler-kompiler pemrograman visual, seperti Visual dbase, Visual BASIC, Visual J++, Visual C/C++, maupun Borland Delphi, kita dapat mengembangkan sebuah aplikasi sekaligus dengan antarmuka berbasis grafisnya yang sangat luwes dan mudah untuk dikembangkan.
Penggunaan peranti bantu untuk mengembangkan antarmuka mempunyai keuntungan antara lain :
1. Antarmuka yang dihasilkan menjadi lebih baik.

  • Hasil rancangan sementara dapat dibuat prototipe dan diimplementasikan, bahkan sebelum aplikasinya ditulis.

  • Perubahan yang diinginkan pengguna dapat segera dilakukan karena antarmukanya mudah dimodifikasi.

  • Sebuah aplikasi dapat mempunyai lebih dari sebuah antarmuka.

  • Memberikan “wajah” yang unik dari sebuah program aplikasi, dan “sentuhan” khusus kepada sebuah program aplikasi. 
2. Program antarmuka menjadi mudah ditulis dan lebih ekonomis untuk dipelihara :

  • Program antarmuka lebih reusable karena peranti bantu menggabungkan bagian-bagian yang sama.

  • Kehandalan antarmuka menjadi lebih tinggi, karena program itu dibangkitkan secara otomatis dari arah spesifikasi yang lebih tinggi.

  • Spesifikasi antarmuka menjadi lebih mudah dinyatakan, divalidasi, dan dievaluasi, serta dimodifikasi.
Prinsip Kerja Sistem Komputer


  • User memberi perintah pada komputer & amp; komputer mencetak/menuliskan tanggapan pada layar tampilan.

  • Komputer bekerja sesuai dengan instruksi yg diberikan oleh pengguna.
Ruang Lingkup IMK


  • Fokus: perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface).
Antarmuka pemakai adalah bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputerAntarmuka seperti apa yg diinginkan oleh User ?

Antarmuka Manusia dan Komputer  
• Antarmuka komputer harus user friendly (ramah dengan pengguna) yaitu :
- antarmuka yg bagus
- mudah dioperasikan
- mudah dipelajari
- pengguna merasa senang menggunakan software tsb.

• Antarmuka yang berkualitas tinggi yg dikagumi oleh orang-orang, beredar luas dan sering ditiru.
• Suatu antarmuka/interface yang dibuat seharusnya tidak hanya dapat dilihat, disentuh atau didengar, tetapi juga mencakup konsep,kebutuhan user untuk mengetahui sistem komputer, dan harus dibuat terintegrasi ke seluruh sistem.

Bidang Studi/Ilmu Yang Berperan

  • Teknik Elektronika/ Ilmu Komputer, memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI

  • Psikologi, memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna

  • Perancangan Grafis dan tipografi, sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana yang cukup efektif untuk dialog antara manusia dan komputer

  • Ergonomik, aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Misal: bentuk keyboard, mouse, posisi duduk,dll

  • Antropologi, untuk memahami cara kerja berkelompok yang masing-masing anggota bekerja sesuai dengan bidangnya.

  • Linguistik, untuk melakukan dialog diperlukan komunikasi yang memadai menggunakan bahasa khusus; seperti: bahasa grafis, bahasa menu, bahasa perintah.

  • Sosiologi, studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena otomasi kantor.

RANGKUMAN 

  • Interaksi merupakan komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain.

  • Interaksi manusia dan komputer merupakan komunikasi dua arah antara pengguna (user) dengan sistem komputer yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

  • Interaksi manusia dan komputer memiliki tiga komponen yaitu manusia, komputer dan interaksi.

  • Manusia dan computer berinteraksi melalui suatu tampilan antarmuka/interface

  • Bidang studi / ilmu yang berperan dalam interaksi manusia dan komputer yaitu teknologi elektronika, ilmu komputer, psikologi, perancangan grafis, tipografi, ergonomik, antropologi, linguistik dan sosiologi.

Daftar Pustaka

• Santoso,Insap; Interaksi Manusia dan Komputer : Teori dan Praktek, Andi Offset, Yogyakarta, 2004.

• Surbakti, Irfan; Interaksi Manusia Dan Komputer, Edisi Jurusan Teknik Informatika-ITS, 2006

• is.its-sby.edu/subjects/hci/Irfan_Interaksi_Manusia_dan_Komputer.pdf


• zheira83.files.wordpress.com/2009/04/pendahuluan.ppt