Jumat, 22 April 2011

Operating System Service

OS menyediakan sejumlah fasilitas prgram yang dirancang untuk menyederhanakan proses operasi dari suatu program aplikasi dari suatu program aplikasi yang dibuat oleh pemakai komputer, yang disebut dengan operating system service dan utility.

Operating system service, ini akan menjadikan penghubung antara pemakai dengan mesin, sehingga akan dapat mengurangi waktu dan mempermudah pembuatan program aplikasi. Disamping service, OS juga biasanya menyediakan utility (program manfaat) seperti text editor, linkage editor, debugger, dan beberapa command untuk menangani disk, file serta peralatan lainnya.

TEXT EDITOR
Merupakan suatu program yang disediakan untuk menuliskan suatu teks atau suatu program aplikasi yang akan direkamkan ke dalam suatu file di disk magnetik. Dengan teks editor, pembuat program dapat menambah, menghapus, menyisipkan, dan membetulkan teks yang berupa instrksi-instruksi program. Text editor banyak dipergunakan oleh mereka yang akan menulis source program, misalnya dalam bahasa assembly, FORTRAN, COBOL dan lain sebagainya.

LINKAGE EDITOR
Linkage editor atau linker merupakan program yang digunakan untuk mengkonversikan object program yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa mesin ke dalam bentuk program yang siap untuk dijalankan (executable program). Linker juga dapat digunakan untuk menggabung beberapa object program yang dikompilasi secara terpisah menjadi sebuah executable program.

DEBUGGER
Debugger atau debugging aid (pelacak) merupakan program fasilitas OS untuk melacak dan membetulkan kesalahan program yang sudah berbentuk bahasa mesin.

COMMAND
Command digunakan untuk menangani disk, file dan peripheral. Command dapat berbentuk internal command atau external command. Sebagai contoh pada MS-DOS atau PC-DOS, operating system yang dipergunakan pada komputer IBM PC, internal command terdiri dari beberapa command yang disimpan bersama-sama menjadi satu dalam file di disk dengan nama file COMMAND.COM. File ini akan secara otomatis dibaca dan diletakkan di main memory bersama-sama dengan DOS pada waktu proses booting, sehingga internal command setiap saat dapat dipergunakan. Lain halnya dengan external command, diluar file COMMAND.COM, sehingga command ini hanya dapat digunakan bila ada filenya di disk.

Sumber : Buku Pengenalan Komputer


Tidak ada komentar:

Posting Komentar