INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Oleh :
Siti Noer Bayana
21108848
2KB04
Universitas Gunadarma
Abstrak
Tujuan dalam pembelajaran Interaksi Manusia dan Komputer adalah :
Diharapkan mahasiswa dapat merancang sistem interaksi dengan memperhatikan kaidah interaksi dan komunikasi
Menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable), memiliki manfaat dan mudah dioperasikan oleh user.
Fungsionalitas, fungsi-fungsi yang ada dlm sistem yg dibuat sesuai dengan perencanaan
Keamanan (safe), apakah sistem yg kita dibuat memiliki tingkat pengamanan data atau tidak.
Efeektifitas dan Efisiensi, berpengaruh pada produktifitas kerja dari penggunanya dan sistem yang dibuat harus berfungsi dengan baik.
- Diharapkan mahasiswa dapat merancang sistem interaksi dengan memperhatikan kaidah interaksi dan komunikasi
- Diharapkan mahasiswa dapat merancang sistem interaksi dengan memperhatikan kaidah interaksi dan komunikasi
Tiga kata yang digunakan untuk mendapatkan keberhasilan :
- Useful (berguna) dapat menyelesaikan apa yang dibutuhkan : memainkan music, memainkan makanan, memformat makanan
- Usable (dapat digunakan) dapat dikerjakan dengan mudah dan alami, tanpa adanya bahaya kesalahan, dan lain-lain.
- Used (digunakan) membuat orang menggunakannya, menarik, perlu untuk digunakan, menyenangkan, dan lain-lain.
PENDAHULUAN
Pengenalan dasar Interaksi manusia dan Komputer
Interaksi manusia dan Komputer adalah suatu rancangan sistem komputer yang mendukung/membantu manusia.
Human Computer Interaction = Interaksi Manusia dan komputer, yang secara umum adalah mempelajari suatu interaksi yang terjadi antara manusia dan computer
Antara manusia dengan manusia terjadi suatu interaksi yang beragam cara berinteraksinya dapat secara berdialog, menggunakan suatu bahasa yang di kenal antar manusia atau melalui simbol-simbol yang diciptakan oleh manusia itu sendiri.
Bagaimana manusia dapat berdialog/interaksi dengan suatu komputer (benda)? Bagaimana manusia dapat menciptakan suatu dialog yang dapat dimengerti oleh komputer demikian juga sebaliknya.
Komponen Interaksi Manusia dengan Komputer
Ruang Lingkup IMK meliputi 3 komponen :
• Manusia
• Komputer
• Interaksi
Manusia
merupakan pengguna (user) yang memakai komputer. User ini berbeda-beda dan memiliki karakteristik masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya dalam menggunakan komputer.
Komputer
merupakan peralatan elektronik yang meliputi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak Komputer dapat juga berupa suatu teknologi yang dapat ditempelkan / dicangkokkan (embedded system) ke suatu benda.
Interaksi
Setiap komunikasi antara pengguna (user) dengan komputer, secara langsung maupun tidak langsung; Interaksi tersebut melibatkan suatu dialog dengan suatu umpan-balik (feedback) dan kontrol hasil kinerja dari suatu kerja. Interaksi yang yang bagus antar pengguna dengan pemberi dapat memberikan suatu kemudahan dalam melakukan pekerjaan sehingga dapat menghasilkan suatu hasil yang diinginkan tepat waktu
HUMAN - MANUSIA
• Pengguna / User
• Salah satu yang membuat rancangan system komputer itu ada
• Pengguna yang seharusnya menjadi prioritas Utama
• Brainware : orang yang menggunakan kemampuan logikanya untuk bekerja dengan computer.
Jenis-jenis dari kesalahan (error) pada manusia
• Slips (kekeliruan)
bermaksud benar, tetapi salah dalam mengerjakannya Penyebab : kemampuan secara phisik yang kurang, kurang memperhatikan, dsb. Perubahan aspek dari kemampuan kebiasaan dapat menyebabkan kekeliruan ini
• Mistakes (kesalahan)
Salah dalam memperhatikan (wrong intention) Penyebab : ketidak mengertian, Manusia membuat “mental models’ untuk menjabarkan kebiasaan yang ada, jika salah (berbeda dalam kenyataan sistem) error dapat terjadi, untuk itu perlu diuji berkali-jali agar sistem yang dibuat dapat mendekati atau penyelesaikan permasalahan yang ada
COMPUTER
Sistem komputer terdiri dari banyak elemen, dan tiap-tiap elemen mempunyai dampak terhadap user dalam suatu system. Peralatan interaksi pada komputer dipengaruhi oleh :
• Peralatan masukan (input) dan
• Keluaran (output) pada suatu sistem komputer.
Sering disebut sebagai peralatan I/O (I/O devices). Peningkatan unjuk kerja CPU tidak akan banyak berarti apabila unjuk kerja peralatan I/O tidak ditingkatkan. Peralatan interaksi semakin lama semakin memanfaatkan semua factor ergonomics yang dimiliki oleh manusia
Input-Output pada Komputer• Input device
• Output device (monitor atau printer pada umumnya)
• Paper output and input
• Memory
• Processing
INPUT DEVICE
Untuk Penggunaan interaktif digunakan text entry, drawing dan selection dari screen Input lebih menitik beratkan pada perekaman dan pemasukan data kedalam sistem komputer serta memberikan perintah kepada komputer. Dengan kata lain pengguna harus dapat berkomunikasi dengan mesin (komputer) dimana komputer harus dapat mengartikannya
• Text Entry : Keyboard, speech and handwriting
• Pointing : pada dasarnya adalah mouseThe Interaction Human-Computer
Tujuan dari I.M.K adalah untuk mengahasilkan yang berguna dan aman. Seperti fungsi dari sistem yaitu:Mengembangkan(develop) dan menyempurnakan (improve) :
• safety
• utility
• effectiveness
• efficiency
• usability
PEMBAHASAN
Peranti Bantu Pengembangan Sistem
Untuk mempercepat proses perancangan dan pengembangan antarmuka, beberapa peranti bantu pengembangan sistem antarmuka sering dimanfaatkan. Pada sekitar pertengahan tahun 1980-an, MacApp dari komputer Apple merupakan salah satu peranti bantu pengembang sistem antarmuka yang sangat berhasil dipandang dari berkurangnya waktu pengembangan sampai empat atau lima kali. Dewasa ini, dengan banyaknya kompiler-kompiler pemrograman visual, seperti Visual dbase, Visual BASIC, Visual J++, Visual C/C++, maupun Borland Delphi, kita dapat mengembangkan sebuah aplikasi sekaligus dengan antarmuka berbasis grafisnya yang sangat luwes dan mudah untuk dikembangkan.
Penggunaan peranti bantu untuk mengembangkan antarmuka mempunyai keuntungan antara lain :1. Antarmuka yang dihasilkan menjadi lebih baik.
Hasil rancangan sementara dapat dibuat prototipe dan diimplementasikan, bahkan sebelum aplikasinya ditulis.
Perubahan yang diinginkan pengguna dapat segera dilakukan karena antarmukanya mudah dimodifikasi.
Sebuah aplikasi dapat mempunyai lebih dari sebuah antarmuka.
Memberikan “wajah” yang unik dari sebuah program aplikasi, dan “sentuhan” khusus kepada sebuah program aplikasi.
Program antarmuka lebih reusable karena peranti bantu menggabungkan bagian-bagian yang sama.
Kehandalan antarmuka menjadi lebih tinggi, karena program itu dibangkitkan secara otomatis dari arah spesifikasi yang lebih tinggi.
Spesifikasi antarmuka menjadi lebih mudah dinyatakan, divalidasi, dan dievaluasi, serta dimodifikasi.
User memberi perintah pada komputer & amp; komputer mencetak/menuliskan tanggapan pada layar tampilan.
Komputer bekerja sesuai dengan instruksi yg diberikan oleh pengguna.
Fokus: perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface).
Antarmuka Manusia dan Komputer
• Antarmuka komputer harus user friendly (ramah dengan pengguna) yaitu :- antarmuka yg bagus
- mudah dioperasikan
- mudah dipelajari
- pengguna merasa senang menggunakan software tsb.
• Antarmuka yang berkualitas tinggi yg dikagumi oleh orang-orang, beredar luas dan sering ditiru.
• Suatu antarmuka/interface yang dibuat seharusnya tidak hanya dapat dilihat, disentuh atau didengar, tetapi juga mencakup konsep,kebutuhan user untuk mengetahui sistem komputer, dan harus dibuat terintegrasi ke seluruh sistem.
Bidang Studi/Ilmu Yang Berperan
Teknik Elektronika/ Ilmu Komputer, memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI
Psikologi, memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna
Perancangan Grafis dan tipografi, sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana yang cukup efektif untuk dialog antara manusia dan komputer
Ergonomik, aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Misal: bentuk keyboard, mouse, posisi duduk,dll
Antropologi, untuk memahami cara kerja berkelompok yang masing-masing anggota bekerja sesuai dengan bidangnya.
Linguistik, untuk melakukan dialog diperlukan komunikasi yang memadai menggunakan bahasa khusus; seperti: bahasa grafis, bahasa menu, bahasa perintah.
Sosiologi, studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena otomasi kantor.
RANGKUMAN
Interaksi merupakan komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain.
Interaksi manusia dan komputer merupakan komunikasi dua arah antara pengguna (user) dengan sistem komputer yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Interaksi manusia dan komputer memiliki tiga komponen yaitu manusia, komputer dan interaksi.
Manusia dan computer berinteraksi melalui suatu tampilan antarmuka/interface
Bidang studi / ilmu yang berperan dalam interaksi manusia dan komputer yaitu teknologi elektronika, ilmu komputer, psikologi, perancangan grafis, tipografi, ergonomik, antropologi, linguistik dan sosiologi.
Daftar Pustaka
• Santoso,Insap; Interaksi Manusia dan Komputer : Teori dan Praktek, Andi Offset, Yogyakarta, 2004.
• Surbakti, Irfan; Interaksi Manusia Dan Komputer, Edisi Jurusan Teknik Informatika-ITS, 2006
• is.its-sby.edu/subjects/hci/Irfan_Interaksi_Manusia_dan_Komputer.pdf
• zheira83.files.wordpress.com/2009/04/pendahuluan.ppt
Tidak ada komentar:
Posting Komentar