Senin, 11 Oktober 2010

Mengapa Sampai Sekarang kita Masih Harus belajar Bahasa Indonesia

Mengapa Sampai Sekarang kita Masih Harus belajar Bahasa Indonesia


Tulisan Bahasa Indonesia 1

Dalam tulisan Saya kali ini, dan untuk pertama kalinya Saya menuliskan mengapa sampai sekarang kita masih menggunakan bahasa Indonesia?? Tulisan ini dibuat agar kita sebagai warga negara Indonesia dapat memahami betapa pentingnya kita bisa menghargai bahasa kita sendiri yaitu Bahasa Indonesia.

Di dalam keseharian kita sebagai Warga Negara Indonesia kita semua mencantumkan bahasa resmi kita yaitu Bahasa Indonesia baik dalam masyarakat / dalam kehidupan sehari - hari. Bahkan sejak zaman dahulu, zaman para nenek moyang kita hingga sampai saat ini, Bahasa Indonesia resmi menjadi bahasa kita sehari - hari. Menjadi kesatuan negara, menjadi tombak untuk mencapai kedaulatan yang adil dan makmur, bahkan Bahasa Indonesia sudah di cantumkan dalam sumpah pemuda pada tahun 1928 yang berbunyi " Kami Putra Putri Indonesia menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia"

Bahasa Indonesia itu seperti api yang berkobar - kobar untuk tetap menyemangatkan para warga negara Indonesia agar, Bahasa Indonesia itu tidak terhapus dan tidak bercampur baur dengan bahasa asing lainnya.

Negara Indonesia terbentang luas dari sabang sampai merauke dan semua wilayah tersebut terdiri dari berbagai macam ras dan suku, semua masyarakatnya pun pasti pernah belajar bahasa Indonesia sejak ia menduduki sekolah tingkat kecil sampai tingkat menengah. Bahasa Indonesia tidak akan pernah lepas dari kehidupan kita, dan akan tetap diajarkan kepada kita baik secara lisan/tulisan.

Sebagai warga negara Indonesia kita harus cinta pada tanah air kita, cinta kebudayaannya, cinta akan kekayaan alamanya, dan cinta pada bahasa kita yaitu bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia tidak hanya warga negara Indonesia saja yang harus bisa berbicara bahasa Indonesia. Bahkan orang luar negeri pun sangat ingin dan sangat senang bisa belajar bahasa Indonesia. Oleh sebab itu kita harus bisa menjaga dan melestarikan bahasa Indonesia agar tetap terjaga dengan baik di negara kita sendiri.

Tujuan di perkuliahan ini mengapa sampai saat ini masih belajar bahasa Indonesia? karena, untuk persiapan PI/Skripsi setiap mahasiswa harus bisa membawakan tulisan mereka itu dengan baik dan benar agar dapat dimengerti oleh setiap orang yang membacanya. Format penulisannya pun harus dalam bentuk ejaan EYD tidak mengandung kalimat negatif atau biasa disebut rancu, tidak baku. Karena biasanya dalam penulisan kita bisa saja menulis tulisan kita dengan bahasa pergaulan kita sehari - hari yang sudah bercampur baur dengan bahasa asing, bahasa jaman anak muda sekarang.
Penggunaan bahasa Indonesia yang baik & benar juga tak hanya dengan penulisan saja, lisanpun harus tetap dipelihara,dibina dengan baik agar setiap ucapan yang kita sampaikan tidak salah di mengerti oleh orang lain.

contohnya : dalam mempresentasikan suatu karya ilmiah, skripsi, mempresentasikan sebuah alat uji coba, rapat perusahaan untuk mempresentasikan produk iklan yang akan di launcing dsb.

Jangan sampai keadaan jaman dan lingkungan yang dengan cepat berkembang bahasa Indonesia menjadi terabaikan, orang-orang ingin belajar bahasa Asing agar bisa ke luar negeri, mereka bersemangat untuk mengikuti kursus bahasa Asing. Sementara bahasa Indonesia dilupakan. Hal seperti ini jangan sampai terlupakan. Semangat terus,, !! Semangat untuk tetap mempelajari bahasa Indonesia yang baik dan benar karena kita cinta negara Indonesia, cinta bahasanya, cinta kebudayaannya, dan cinta tanah air kita Republik Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar